Info Berita / Detail Berita

Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Covid-19 Di Perusahaan/Lingkungan Kerja

Diterbikan: 07-04-2020 10:33:18

Berdasarkan :

  1. Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/3/HK.04/III/2020 tentang Pelindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 (drive.google.com/file/d/1PCE4EXJL9A9yRGEZ4FHwRyYNbNey7c3a/view?usp=sharing);
  2. Surat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Nomor : 094/2275/108.1/2020 tanggal 16 Maret 2020 perihal Kesiapsiagaan Menghadapi Penyebaran Covid-19 di Jawa Timur (drive.google.com/file/d/1bNF1Iaevp8GCWlCwH1SSnwXEmMuF0fav/view?usp=sharing); dan
  3. Surat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Nomor : 560/97/108.4/2020 tanggal 23 Maret 2020 perihal Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Penyebaran Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Perusahaan/Lingkungan Kerja (drive.google.com/file/d/13kdIGMjOfePB6gVMl6T4ts-xK0J3hosL/view?usp=sharing).

Dalam rangka menindaklanjuti situasi terkini perkembangan Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah Jawa Timur dan telah meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia, maka sektor ketenagakerjaan harus mengantisipasi pandemi dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit tersebut di tempat kerja.

Guna mengantisipasi dan meminimalisasi dampak akibat penyebaran Covid-19 di tempat kerja dipandang perlu mengambil langkah-langkah segera secara sistematis dan efektif sebagai tindakan kesiapsiagaan terhadap pandemi, untuk itu dihimbau kepada Pimpinan Perusahaan di wilayah Kabupaten Situbondo dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kesiapan perusahaan dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan tujuan memperkecil resiko penularan di lingkungan kerja dan menjaga kelangsungan usaha.
  2. Memberikan sosialisasi mengenai pencegahan, penularan, gejala, dan penanganan infeksi Covid-19 kepada pekerja secara langsung ataupun melalui media cetak yang dapat diunduh pada www.bit.ly/nakertransjatimcovid19 dan www.checkupcovid19.jatimprov.go.id.
  3. Mengatur jarak aman posisi masing - masing pekerja dalam melaksanakan kegiatan di dalam lingkungan kerjanya.
  4. Melakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh pekerja dan tamu perusahaan yang akan memasuki area perusahaan/lingkungan kerja.
  5. Menyediakan akses sarana cuci tangan berupa air mengalir dan sabun cair atau hand santizer di tempat umum area kerja, seperti pintu masuk, tangga, lift, toilet, dan lain-lain.
  6. Menyediakan masker bagi pekerja yang berinteraksi secara langsung dan instens dengan customer.
  7. Menjaga kebersihan lingkungan kerja.
  8. Melakukan desinfeksi pada lantai, dinding bangunan, karpet, pintu, jendela, serta objek lain yang sering disentuh secara umum dengan menggunakan larutan desinfeksi, serta menyemprot ruangan dengan spray fast-acting alcoholic/spray desinfectant.
  9. Apabila ditemukan pekerja yang memiliki gejala demam (lebih sama dengan 38 derajat Celsius) atau memiliki riwayat demam disertai dengan salah satu gejala gangguan pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, dan memiliki faktor resiko terjadinya infeksi Covid-19 maka berikan edukasi untuk menggunakan masker, membatasi kontak dan menjaga jarak (sosial distancing) dengan orang lain, dan segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.
  10. Menginformasikan kepada pekerja yang sedang bertugas di negara,daerah terdampak Covid-19 dan mengalami gangguan kesehatan untuk menggunakan masker, membatasi kontak dan menjaga jarak (social distancing) , dan mendatangi fasilitas layanan kesehatan setempat.
  11. pekerja yang kembali dari negara/daetah terdampak agar melaporkan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, serta memberitahukan riwayat perjalanan dan membawa surat keterangan sehat saat akan kembali masuk dan bekerja.
  12. Memantau perkembangan situasi dan kondisi Covid-19 melalui media cetak dan/atau elektronik yang kredibel.
  13. Tidak mengeluarkan pernyataan atau rilis yang dapat menimbulkan kecemasan masyarakat.